Macam-Macam Jenis Sablon yang Digunakan Untuk Custom T-shirt

Macam-Macam Jenis Sablon yang Digunakan Untuk Custom T-shirt

Metode sablon menjadi jenis metode yang paling sering digunakan untuk custom t shirt sesuai dengan desain yang diinginkan. Namun perlu diketahui bahwa terdapat banyak jenis sablon yang menggunakan bahan tinta yang berbeda-beda yang pastinya memiliki karakteristik yang juga berbeda-beda.

Jenis Sablon Untuk Custom T-shirt

  1. Sablon Rubber

Seperti namanya, sablon rubber memiliki sifat yang sangat elastis dan juga dapat menempel dengan baik pada t-shirt sehingga hasil sablon akan lebih bagus dan tahan lama. Jenis sablon t-shirt ini juga merupakan jenis sablon terbaik dengan harga yang relatif terjangkau.

  1. Sablon Plastisol

Sablon jenis ini dapat memberikan efek wrna cerah sehingga dapat digunakan pada t-shirt berwarna hitam atau dengan warna lain yang dapat disesuaikan. Sablon ini juga sudah menjadi standar internasional sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya sablon ini tidak tahan panas sehingga tidak boleh mengenai setrika secara langsung namun dapat disetrika dari dalam t-shirt.

  1. Sablon DTG

Sablon DTG membutuhkan mesin printer khusus sehingga tidak ada batasan warna dan dapat menggunakan warna apa saja karena tinggal dicetak pada bahan t-shirt yang diinginkan berbeda dengan jenis sablon lainnya.

  1. Sablon Flocking

Sablon flocking memberikan efek halus dan berbulu pada bagian permukaan yang mirip seperti beludru sehingga lebih lembut. Sablon ini tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan serbuk atau bubuk pewarna.

  1. Sablon Discharge

Sablon discharge memiliki daya tahan yang cukup awet dan dapat meresap hingga ke dalam kain sehingga lebih tahan lama namun jenis sablon ini tidak cocok digunakan pada beberapa warna baju seperti hijau, biru, dan ungu dan juga beberapa jenis baju kaos.

  1. Sablon High Density

Kaos t-shirt custom dengan menggunakan sablon ini cukup tahan lama dan juga memberikan efek timbul karena merupakan kombinasi dari tinta sablon transparan dan sablon plastisol yang ditimpa di atasnya.

  1. Sablon Pigmen

Sablon pigmen lebih sering digunakan pada t-shirt berwarna cerah atau terang. Memiliki sifat elastis namun cenderung kaku. Apabila sablon pigmen ini luntur maka akan meninggalkan bekas pada kaos.

  1. Sablon Glitter

Sablon glitter akan memberikan efek glitter pada hasil sablonnya dan pastinya lebih awet dan tahan lama. Warna sablon glitter juga bervariasi bisa dipilih sesuai keinginan.

  1. Sablon Foil

Sablon ini memberikan efek warna emas atau perak yang mengkilap karena menggunakan lapisan dari kertas logam atau foil khusus. Jenis sablon ini juga cukup awet dan tahan lama.

  1. Sablon Foam

T shirt printing sablon foam memberikan efek timbul di mana permukaannya lembut seperti busa dan cocok digunakan untuk semua jenis bahan katun. Jenis sablon ini tidak boleh disetrika dan tidak bisa menggunakan gradasi warna.

Written by