7 Cara Menghadapi Kontraksi Palsu pada Ibu Hamil

7 Cara Menghadapi Kontraksi Palsu pada Ibu Hamil

Kontraksi palsu biasa terjadi pada trimester kedua pada masa kehamilan. Anda akan merasakan otot rahim yang mulai terasa mengencang. Keadaan tersebut ditandai dengan perut terasa keras jika dipegang. Biasanya hanya mengencang antara 90 detik, lalu mengendur kembali. Berikut adalah beberapa cara menghadapi kontraksi palsu saat masa kehamilan.

  1. Berbaring

Berbaring sejenak mampu menetralisir apabila sakit dirasakan pada reaksi kehamilan Anda. Usahakan dalam kondisi santai dan rileks saat berbaring. Aliran darah dari jantung akan lebih tenang jika anda dalam keadaan santai. Pastikan posisi punggung dan kepala nyaman agar rasa sakit tidak bertambah karena memperbaiki gerakan yang diposisikan.

  1. Pergi Berjalan-jalan

Jalan-jalan adalah salah satu cara mengalihkan perhatian Anda apabila terjadi kontraksi palsu. Berikan tubuh Anda ruang gerak yang lebih luas dengan berjalan setelah terjadinya hal tersebut. Hindari berlari dengan gerak cepat agar kondisi janin Anda juga sehat. Jangan berjalan-jalan terlalu lama dan menimbulkan kelelahan.

  1. Pijat Tubuh Secara Perlahan

Rasa sakit karena kontraksi biasanya menjalar hingga terasa di beberapa bagian tubuh. Untuk mengantisipasi adanya hal tersebut, pijat bagian tubuh Anda secara perlahan. Mulai dengan kaki atau tangan agar otot kembali rileks. Anda dapat meminta bantuan suami untuk memijat punggung atau pundak Anda secara perlahan dan pelan.

  1. Minum Segelas Susu

Susu diyakini memiliki 20 kandungan zat yang mampu meminimalisir rasa sakit. Anda dapat meminum susu yang bersifat rendah lemak. Anda dapat meminumnya dengan air hangat secara perlahan. Anda juga dapat menyeduh teh herbal agar diri Anda rileks kembali. Anda juga dapat meminum susu yang khusus untuk kehamilan sesuai usia kandungan.

  1. Berendam di Bak Mandi

Isi bak mandi Anda secara penuh dengan air hangat. Suhu Air yang disarankan adalah antara 36 hingga 37 derajat celcius. Masukkan diri Anda ke dalam bak secara perlahan. Rendam diri hingga seluruh bagian otot tubuh terkena air hangat. Fungsinya agar otot yang terkena kontraksi palsu kembali rileks.

  1. Lakukan Gerakan Kecil

Gerakan-gerakan kecil dapat menghilangkan kontraksi palsu. Anda dapat melakukannya dengan melakukan gerakan kecil di tangan hingga kaki. Disarankan tetap melakukan aktivitas apabila terasa adanya kontraksi palsu. Bisa dengan melakukan rutinitas di rumah tangga yang sifatnya tidak berat. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat saat hamil.

  1. Melakukan Kegiatan Menyenangkan

Bersantai dan rileks sangat disarankan bagi Anda yang merasakan adanya kontraksi palsu. Melakukan kegiatan yang diminati seperti menonton film atau mendengarkan musik akan membantu otot Anda agar tidak tegang. Bermain bersama hewan peliharaan juga dapat membantu Anda terhindar dari stress agar memperlancar kehamilan.

Berikut tadi adalah 7 cara menghadapi kontraksi palsu pada ibu hamil. Perbanyak minum agar cairan tubuh tetap tercukupi dan terhindar dari dehidrasi. Apabila tubuh kurang cairan dapat memicu terjadinya kontraksi palsu pada lain waktu. Melatih pernafasan juga membantu otot tubuh Anda agar tetap rileks.

Written by