7 Tips Memilih Nama yang Baik Sesuai Syariat Islam

Tips Memilih Nama yang Baik Sesuai Syariat Islam

Nama merupakan doa orangtua kepada anak yang bisa saja terkabul di masa depan. Sudah sepatutnya orangtua memberikan nama yang baik untuk anak-anak mereka. Bagi orangtua muslim yang tengah cari nama bayi yang baik untuk calon buah hati, Islam menganjurkan untuk memberikan nama yang bermakna baik. Hindari memilih nama yang dilarang dalam agama Islam, misalnya Balqis yang memiliki makna ketua jin atau Zana yang berarti berzina.

Memilih Nama yang Baik Sesuai Syariat Islam

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam memberikan nama untuk si kecil, berikut tips memilih nama untuk anak sesuai syariat Islam:

  1. Boleh memberikan nama bayi dengan nama-nama Allah SWT

Namun, orangtua harus memenuhi aturan terkait memberikan nama anak dengan nama-nama Allah SWT seperti Rahim, Rahman atau Khaliq. Orangtua harus memberikan nama yang tidak berdiri sendiri atau menambahkan tambahan seperti Abdurrahman.

  1. Memberikan nama penghambaan selain kepada Allah SWT tidak diperbolehkan

Anda tidak boleh memberikan nama penghambaan pada benda atau hal lain, misalnya Abdus Syamsu yang memiliki arti hamba matahari. Abdul Aziz atau Abdul Ghoniy lebih disarankan sebab memiliki arti penghambaan kepada Allah SWT.

  1. Tidak boleh memberikan nama anak sesuai nama patung atau berhala

Islam melarang umat memberikan nama untuk bayi seperti nama patung atau berhala yang disembah oleh orang-orang kafir. Misalnya nama  Al-Lat atau Al-Uzza yang menjadi nama berhala pada zaman nabi SAW.

  1. Tidak diperbolehkan memberikan nama-nama setan kepada anak
  2. Diperbolehkan memberikan nama para nabi kepada anak

Buat orangtua yang bingung cari nama bayi sesuai ajaran Islam, para ulama sepakat untuk memperbolehkan nama-nama nabi utamanya Nabi Muhammad SAW. Jangan heran banyak nama bayi laki-laki yang berawal dengan nama nabi SAW.

  1. Diperbolehkan memberi nama orang shalih dari kalangan muslimin

Anda boleh memberikan nama orang-orang shalih dari kalangan muslimin kepada buah hati tercinta. Nabi Muhammad SAW yang memandang tindakan Zubair bin ‘Awn ra memberikan nama kepada anak seperti para sahabat yang syahid di perang badar sebagai tindakan terpuji.

  1. Memiliki makna yang bagus dan mendalam

Orangtua pasti ingin harapan atau doa yang baik untuk sang anak sehingga nama bayi harus memiliki makna yang bagus. Mengutamakan nama anak dari bahasa Arab serta tidak menggunakan nama-nama yang bermakna buruk. Orangtua tidak boleh memberikan nama surat-surat dalam Al-Qur’an sebab para ulama telah sepakat mengenai tindakan yang dihukumi makruh tersebut.

Sudahkah Anda menemukan nama yang baik sesuai dengan syariat Islam untuk anak tercinta? Cari nama bayi yang sesuai dengan ajaran Islam, Anda bisa menerapkan beberapa tips memilih nama bayi yang baik di atas. Nama yang baik akan memberikan manfaat untuk anak-anak Anda sejak di dunia hingga akhirat.

Written by