Cara Tepat Memberi Makanan untuk Anak Kucing

Cara Tepat Memberi Makanan untuk Anak Kucing

 Merawat anak kucing tidaklah semudah yang kita bayangkan. Mereka harus dirawat dengan tepat agar bisa tumbuh dengan sehat. Pemberian makanan bagi kucing yang masih ada di usia anak-anak juga harus sangat diperhatikan. Berikut adalah cara pemberian makanan untuk anak kucing yang tepat dan aman.

Kapan Mulai Makan?

Apakah anak kucing bisa langsung diberi makan setelah ia dilahirkan? Tentu saja tidak! Anak kucing bisa memenuhi kebutuhan energinya dengan minum susu dari induknya terlebih dahulu. Setelah usianya menginjak 4 minggu ia baru bisa diberi makanan.

Berikan Makanan Basah

Anak kucing sebaiknya diberikan makanan basah karena mereka belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Mereka belum bisa mencerna makanan kering dengan baik. Berikan makanan basah yang mengandung banyak air sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna.

Pilih makanan basah yang ada di dalam kemasan. Makanan kemasan jauh lebih aman bagi anak kucing. Hindari memberikan makanan mentah berupa daging atau ikan segar karena belum bisa dicerna dengan baik. Selain itu anak kucing juga tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya hanya dari makanan mentah.

Perhatikan Frekuensi Makan

Berikan makanan secara tepat dengan memperhatikan frekuensi makan anak kucing. Pada usia 4 hingga 12 minggu, anak kucing bisa makan hingga 4 kali dalam satu hari. Sementara itu jika sudah memasuki usia 12 minggu, anak kucing bisa makan hingga 4 kali dalam satu hari.

Jika kucing sudah masuk usia 6 bulan, cukup berikan makanan dua kali sehari. Jenis makanan di usia ini juga sudah bisa dikombinasikan dengan makanan kering.

Kenali Tanda Lapar

Penting sekali untuk mengenali tanda lapar pada si anak kucing. Saat ia terus mengeong berarti ia sudah lapar dan membutuhkan makanan. Berikan makanan saat anak kucing memang lapar. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memberikan makanan yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kurang.

Berikan Bantuan

Anak kucing belum bisa makan seperti kucing dewasa. Mereka mungkin saja membutuhkan bantuan Anda untuk makan. Anda bisa membantu menyuapi anak kucing agar mereka bisa makan dengan baik. Jangan lupa berikan minum juga agar anak kucing bisa mencerna makanan mereka.

Konsultasi Dokter

Jika Anda merasa bingung seperti apa cara yang tepat memberi makan pada anak kucing, tak ada salahnya mengunjungi dokter hewan. Konsultasikan kepada dokter hewan, seperti apa metode pemberian pakan yang tepat. Tanyakan juga jenis makanan terbaik yang bisa diberikan agar bisa membantu pertumbuhan anak kucing.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan saat Anda mulai memberikan makanan untuk anak kucing. Pastikan Anda memberikan makanan dan nutrisi terbaik bagi anak kucing agar mereka bisa tumbuh sehat. Jangan lupa pastikan peralatan makan anak kucing terjaga kebersihannya agar tidak ada kontaminasi bakteri.

Written by