Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Beda Americano dan Espresso

Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Beda Americano dan Espresso

Jika Anda akrab dengan minuman kopi, tentu Anda tahu bahwa ada beberapa jenis kopi. Di antaranya Anda pasti akan menemukan americano dan espresso. Keduanya memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Berikut adalah beberapa poin yang menunjukkan beda americano dan espresso.

  1. Bahan Dasar

Kedua jenis kopi ini memiliki bahan dasar yang berbeda. Espresso merupakan kopi pekat yang diseduh menggunakan tekanan air panas. Untuk menghasilkan espresso, bubuk kopi harus digiling sampai halus terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menyingkat waktu ekstraksi kopi.

Sementara itu americano berasal dari single atau double espresso yang kemudian diencerkan dengan air panas. Perbedaan bahan dasar ini menyebabkan keduanya juga terasa berbeda. Espresso akan terasa lebih pekat dibandingkan americano.

  1. Negara Asal

Sesuai dengan namanya, americano berasal dari Amerika. Sementara itu espresso berasal dari Italia. Nama americano muncul sebagai bentuk lelucon karena orang Amerika gemar menikmati espresso dengan takaran yang lebih encer. Selain itu, americano juga sering dikenal dengan nama kopi long black.

  1. Krema

Espresso merupakan jenis kopi yang memiliki krema atau busa keemasan. Krema inilah yang biasanya difavoritkan oleh para pecinta kopi. Proses ekstraksi dengan tekanan air panas dalam proses pembuatan espresso menghasilkan karbondioksida. Karbondioksida yang muncul ke permukaan kopi inilah yang disebut krema.

Sementara itu americano tidak memiliki krema. Hal ini disebabkan oleh adanya air panas yang ditambahkan pada americano sehingga memecah krema. Mereka yang gemar menyesap krema pada secangkir kopi biasanya akan lebih suka kopi jenis espresso.

  1. Proses Pembuatan

Jelas sekali bahwa proses pembuatan dua jenis kopi ini berbeda. Telah disinggung sebelumnya bahwa espresso menggunakan mesin dengan tekanan pada air panas. Sementara itu americano dibuat dengan menambahkan air panas pada single maupun double espresso.

Sebenarnya bisa kita lihat dengan jelas bahwa keduanya memang berbeda. Americano merupakan espresso yang diencerkan lagi. Meskipun hanya diencerkan lagi, tapi americano bisa memiliki rasa yang jauh berbeda dari espresso. Selain kekentalannya berbeda, tingkat rasa pahit pada kedua jenis kopi ini juga berbeda.

  1. Kreasi Espresso

Kopi americano tidak bisa dikreasikan lagi menjadi varian kopi lainnya. Kopi ini hanya akan diminati sebagai americano. Sementara itu espresso masih bisa dikreasikan menjadi varian kopi lainnya. Espresso bisa dikreasikan menjadi cappucino, caffe latte, dan lain sebagainya.

Espresso yang pahit dan kental bisa dikreasikan dengan begitu banyak cara. Penikmat kopi manis dan ringan bisa menambahkan beragam jenis bahan untuk menghasilkan kreasi espresso yang menarik.

Itulah tadi beberapa hal yang menunjukkan beda americano dan espresso. Kedua jenis kopi ini memang memiliki perbedaan yang sangat jelas. Namun keduanya tetap membawa kenikmatan kopi yang akan membangkitkan semangat Anda. Keduanya juga cocok dinikmati di pagi hari untuk memberi energi sebelum beraktivitas.

Written by