Rekomendasi Olahraga untuk Anak SD yang Tepat

Rekomendasi Olahraga untuk Anak SD yang Tepat

Aktivitas olahraga menjadi salah satu jenis aktivitas yang paling menyenangkan bagi anak SD. Ya, hal ini karena berolahraga memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan anak. Untuk itu, di bawah ini akan disajikan beberapa rekomendasi olahraga untuk anak SD yang tepat.

  1. Anak SD Usia 6-7 tahun

Anak SD yang berusia 6-7 tahun adalah anak SD yang baru masuk sekolah. Artinya, di sini jenis olahraga yang diberikan haruslah masih ringan. Menurut babycenter, di usia ini anak akan menunjukkan kemampuan fisiknya lebih baik.

Nah, ketika anak sering melakukan aktivitas olahraga, maka secara langsung kemampuan fisik anak juga akan semakin meningkat. Adapun jenis olahraga yang bisa diberikan pada anak di usia ini adalah bersepeda, bermain bola, berenang dan skating. Namun, dalam hal ini dibutuhkan pengawasan yang ekstra agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Anak SD Usia 8-9 tahun

Pada usia ini, memberikan instruksi yang cukup rumit ada anak masih sulit untuk dipahami. Di usia ini, anak membutuhkan petunjuk yang jelas, singkat dan dengan proses sedikit demi sedikit. Bahkan, agar olahraga pada anak lebih mudah diserap, maka guru membutuhkan strategi khusus.

Meskipun demikian, pada usia ini kemampuan koordinasi mata dan tangan juga meningkat. Adapun jenis olahraga untuk anak SD yang tepat pada usia ini adalah bermain bola, lari, senam, renang dan olahraga bela diri.

Pada usia ini, coba ajarkan teknik dan gerakan yang tepat ada anak. Teknik dan gerakan ini akan sangat penting sebagai sebuah dasar sebelum anak mengasah aspek lain seperti kekuatan dan kecepatan. Dengan teknik dan gerakan yang tepat, maka kemampuan kekuatan dan kecepatan juga akan mengikuti dengan sendirinya.

  1. Anak SD Usia 10-12 Tahun

Ketika anak sudah berada di usia ini, maka kemampuan berpikir, kemampuan motorik, dan juga kemampuan dalam mengambil keputusan pada anak sudah semakin baik. Di sini anak juga sudah bisa mengikuti arahan yang rumit dan sudah bisa mengingatnya.

Di sini, anak juga sudah bisa mengenal strategi bermain dalam sebuah olahraga. Oleh sebab itu, anak SD di usia ini sangat cocok berolahraga dan bermain dengan menggunakan strategi. Nah, ada usia ini, jenis olahraga yang cocok untuk anak adalah sepak bola, bola voli, bola basket, bulu tangkis, baseball atau bahkan softball.

Olahraga ini memang cocok untuk anak SD dengan usia 10-12 tahun. Hanya saja, ini adalah olahraga yang kompleks dan mengharuskan anak untuk melakukan interaksi dengan tema lain atau lawannya. Nah, di sini anak juga memerlukan kematangan dan kedewasaan.

Tujuannya adalah agar ketika terjadi kontak fisik tidak akan terjadi perkelahian. Misalnya ada saat anak tertabrak, terinjak kakinya, atau bahkan cedera karena teman.

Nah, beberapa olahraga untuk anak SD di atas bisa diterapkan sejak dini untuk mengasah keterampilan motorik anak. Selain menyehatkan, olahraga ini juga akan membuat anak lebih mudah dalam bersosialisasi.

Written by