Waspadai Berbagai Penyakit Muncul Akibat Kolesterol Tinggi

Waspadai Berbagai Penyakit Muncul Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol muncul dikarenakan terlalu banyak atau Anda kurang mengontrol lemak dalam darah. Apabila Anda tetap acuh dan tidak memperhatikan kesehatan, maka Anda harus berhati-hati atas akibat kolesterol tinggi. Jika Anda tidak memeriksakan tubuh, Anda bisa terjangkiti beberapa penyakit. Anda harus waspadai berbagai macam penyakit berikut ini.

1. Penyumbatan Pembuluh darah

Kolesterol jahat yang tinggi menyebabkan lemak menumpuk dalam pembuluh darah. Apabila kadarnya sudah tinggi bahkan jauh melebihi normal, tumpukan lemak tersebut dapat menyumbat aliran darah yang seharusnya mengalir dalam pembuluh darah. Apabila dibiarkan terus menerus, tidak hanya darah saja yang tersumbat tapi bisa oksigen bahkan kadar nutrisi lainnya yang dibutuhkan anggota tubuh.

Apabila penyumbatan ini terjadi pada daerah tungkai, dapat mengakibatkan penyakit yang disebut sebagai arteri perifer. Ada berbagai tanda yang menyebabkan hal ini seperti nyeri pada paha setelah beraktivitas. Selain itu, bisa mengakibatkan kesemutan, lemah kakui, bahkan yang parah dapat mengubah warna pada kaki.

2. Tekanan Darah Tinggi

Bukan rahasia umum lagi bahwasannya kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Pada mulanya, Anda tidak akan menyadari bahwasannya Anda memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Namun, tubuh Anda akan merasakan beberapa gejala yang mengarah pada tekanan darah tinggi. Misalnya saja, setiap malam Anda selalu lapar padahal sudah makan malam. Selain itu, Anda juga merasakan ingin buang kencing setiap saat.

Apabila sudah begini, kolesterol tinggi mengakibatkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini terjadi diakibatkan banyaknya penumpukan kolesterol dalam darah yang membuat pembuluh darah menyempit. Akibatnya tekanan dalam pembuluh darah melebihi dari normal.

3. Jantung

Selain mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi, kolesterol juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi menyebabkan lemak bertumpuk di dinding pembuluh darah. Termasuk di dinding jantung sekalipun. Apabila sudah mengendap banyak, hal ini dapat menyebabkan jantung harus bekerja keras dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

 Tidak hanya itu saja. Jantung yang menjadi pusat persebaran darah menjadi terhambat dalam mengalirkan darah dan oksigen sekalipun ke dalam jantung itu sendiri. Apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani secara cepat, dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati apabila sudah memiliki kolesterol tinggi. Terutama jika sampai sudah terjangkiti penyakit jantung.

4. Diabetes

Pada dasarnya di dalam tubuh terdapat kolesterol yang baik dan kolesterol yang jahat. Apabila kolesterol jahat lebih banyak, maka dapat menyebabkan diabetes. Inilah juga yang menjadikan kolesterol tinggi kerap menjadi ciri dari salah satu munculnya diabetes. Apabila sudah mengalami penyakit diabetes, segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

5. Stroke

Dikarenakan aliran darah saja tidak lancar, dapat berimbas besar dalam tubuh. Aliran yang tidak lancar yang disebabkan lemak dalam darah ini, bisa menghambat aliran yang ada di bagian otak. Jika sudah begini, maka dapat mengakibatkan stroke. Apabila sudah parah, membuat otak menjadi kekurangan darah, nutrisi, dan oksigen bahkan menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap akibat kolesterol tinggi. Salah satu cara yang paling efektif adalah menjaga gaya hidup terutama dalam hal menjaga pola makan. Sekalipun ada berbagai macam kemudahan dalam memesan makanan siap saji, lebih baik mengolah sendiri makanan. Terutama kurangi makanan berlemak.

Written by