Manfaat Rutin Konsumsi Vitamin saat Hamil

Manfaat Rutin Konsumsi Vitamin saat Hamil

Menjaga kesehatan saat hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin kehamilan. Bisa dilihat saat ini ada banyak tempat jual Blackmores maupun suplemen kehamilan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan jika rutin mengonsumsi vitamin saat hamil.

  1. Mengurangi Risiko Komplikasi

Vitamin kehamilan akan sangat membantu meminimalkan adanya risiko komplikasi selama hamil. Perlu diketahui bahwa ada beragam jenis komplikasi yang bisa saja terjadi pada ibu hamil. Mulai dari kelahiran prematur, preeklamsia, hingga berat badan bayi rendah.

Risiko-risiko tersebut bisa diminimalkan dengan konsumsi vitamin secara rutin. Ibu akan menjalani kehamilan dengan sehat dan bayi di dalam kandungan juga bisa tumbuh sehat.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Konsumsi vitamin di masa kehamilan ternyata juga sangat membantu mengurangi risiko terjadinya cacat lahir. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam folat dalam vitamin. Folat akan membantu meningkatkan fungsi otak si kecil dan mengoptimalkan pertumbuhan sel.

Konsumsi vitamin yang mengandung asam folat dengan dosis cukup akan membantu menurunkan risiko cacat lahir hingga 70%. Bayi akan lahir dengan sehat dan normal tanpa kekurangan suatu apapun.

  1. Asupan Zat Besi

Pada wanita hamil, kebutuhan zat besi akan meningkat. Jika pada kondisi normal kebutuhan zat besi adalah 18 mg per hari, maka pada kondisi hamil zat besi yang dibutuhkan adalah 27 mg per hari. Jika tidak ada asupan zat besi maka tubuh ibu bisa mengalami anemia dan tentu akan berakibat buruk bagi janin dalam kandungan.

Asupan zat besi yang memadai akan membantu kelancaran proses pembentukan sel darah merah baik di tubuh ibu maupun bayi. Zat besi juga akan membantu mendukung dan menjaga plasenta agar tetap sehat.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D

Sama seperti zat besi, kebutuhan kalsium dan vitamin D saat hamil akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh dua zat tersebut dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi janin di dalam kandungan. Ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi ini dari produk suplemen yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Selain memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk janin, hal ini juga penting bagi kondisi tubuh sang ibu. Asupan kalsium dan vitamin D yang mencukupi akan membantu melindungi ibu dari pengeroposan tulang saat hamil. Selain itu, hal ini juga penting untuk membantu memperlancar aliran darah.

  1. Memberi Kekebalan Tubuh

Ibu hamil harus memiliki sistem imun yang baik demi menjaga diri sendiri dan janin di dalam kandungan. Konsumsi vitamin kehamilan akan sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Itulah tadi beberapa manfaat mengonsumsi vitamin di masa kehamilan. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar bisa mendapatkan produk vitamin yang tepat. Saat ini produk vitamin kehamilan bisa dengan mudah didapatkan di apotek maupun toko perlengkapan bayi.

Written by